Membuat database dengan program MySQL


1 ) Membuat database dengan program MySQL
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum membangun sistem pengolahan data buku (katalog) adalah mengadakan perancangan database yang akan digunakan. Database ini nantinya akan terbagi kedalam beberapa tabel yang dijadikan sebagai ruang-ruang tempat penyimpanan berbagai informasi mengenai buku dan yang berhu-bungan dengannya.
Bentuk database ini akan diimplementasikan ke dalam sebuah program server basis data bernama MySQL, akan tetapi sebelum mengimplementasikanya ada baiknya Kita membahas mengenai peranacangan dan atribut-atribut yang akan digunakan. Setelah bentuk bentuk tabel telah Kita tentukan maka kita dapat mene-rapkanya pada Database MySQL. Berikut adalah beberapa langkah perancangan tabelnya.




Sebelum membuat table, Anda harus mempersiapkan databasenya terlebih dahulu. Dalam pembahasan buku ini, Kita akan menggu-nakan database perpustakaan, untuk membuatnya ketikanlah perintah  “create”  seperti gambar di bawah ini :

G





Kemudian buatlah tabel penulis dengan perintah seperti gambar di bawah ini

Gambar 21 : Membuat Tabel MySQL


Sehingga apabila kita tampilkan hasilnya dengan perintah “DESCRIBE” akan tampak seperti gambar di bawah ini :


 








Gambar 22: Tampilan Tabel MySQL


Demikian seterusnya kita buat tabel yang lain sesuai dengan uraian di materi 1 seperti perintah-perintah script  di bawah ini.
Sehingga pada akhirnya database perpustakaan akan memiliki 7 buah tabel yaitu :
·         Tabel Admin
·         Tabel Buku
·         Tabel Jenis
·         Tabel Desk_buku
·         Tabel Penerbit
·         Tabel Penulis
·         Tabel Anggota

0 komentar:

Copyright © 2013 Andry Al Azzam | Mencoba berbagi ilmu...